Tuesday, June 11, 2013

Doa langit! part 1

" Ren, bulan maret kira-kira Rendi ada kegiatan gak? Soalnya papa mau daftarin umrah tuh Ren"
" Hah? serius ma?? umrah? daftarin aja ma "

gak pake ba bi bu

gue langsung jawab "yes"

padahal waktu itu gue gatau bulan maret bakal ada kegiatan apa sedangkan gue saat itu bener2 lagi sibuk2nya persiapan buat tugas akhir kampus

tapi melihat ibadah suci umrah pilihannya

"NO" it's not an option

umrah

umrah itu panggilan Allah

dan kesempatan umrah itu bukan wilayah kita, tapi izin Allah

tidak sedikit orang yang meremehkan ibadah umrah,
"ah, umrah kan bisa kapan aja, murah, mending haji sekalian"
ga salah sih, tapi tau ga kalau kamu daftar haji hari ini, kamu baru bisa berangkat hajinya 10 tahun kemudian (yang biasa), yg ONH + (nunggu 3 tahunan) karena jamaah haji yang membludak banyaknya
dan kalau kita udah meninggal duluan sebelum haji gimana?
di dunia kita sama sekali ga nginjakin tanah suci?
islam punya duit tapi ga pernah ke ka'bah, apa kata dunia?



tak jarang juga
sering terdengar pernyataan
"ah gaenak ibadah umrah atau haji pake duit orang tua, nanti aja gue pake duit sendiri"
ga salah juga
tapi ya itu
kalau emang waktu kita masih muda diberi kesempatan buat umrah pake duit orang tua emang salah juga?
ga juga kan?
dan menurut gue
bukan karena ibadah haji atau ibadah umrahnya
bukan karena pengen pake duit sendiri
bukan karena uang
tapi karena
"kesempatan" buat menginjakkan kaki di Rumah Allah ketika hidup di dunia
yang tentunya kesempatan ini merupakan
"izin dari Allah"
karena ga semua orang bisa ke tanah suci, 
banyak orang yang udah kaya tapi ga pernah sekalipun ke tanah suci
karena sibuk dengan urusan kerjaan dan bisnisnya
banyak juga orang yang pengen ke tanah suci
tapi ga punya duit
ini semua karena mereka belum dapat izin dari Allah

dan jujur aja
jauh jauh hari sebelum gw menerima ajakan umrah ini
gw udah berniat di dalam hati
dan meminta izin sm Allah
kalau gue pengen banget bisa ke tanah suci
dan jujur saja
doa yang tak pernah terlewatkan ketika gue shalat
yaitu doa gw untuk menginjakkan ke tanah suci
dan maka dari itu
ketika gw mendapat ajakan ke tanah suci
gw bakal terima
walaupun itu emang masih pakai duit orang tua

dan bener aja
adek gue yang cewe Deby yang juga diajak umrah
tapi Deby bilang gabisa karena takut pada saat maret dia lagi ada ulangan di sekolah
dan tau ga?
ternyata pada saat kita umrah
Deby lagi libur selama seminggu di sekolahnya
dan Deby gak didaftarin umrah
Deby ga umrah, padahal libur
bukan karena Deby ga mau dan ga ada duit
tapi karena Deby belum dapat kesempatan dari Allah...


...


H-30 before umra. Manasik Umrah
bukan tata cara ibadah umrah yang gue inget ketika manasik yang diisi oleh ustad dari travel
tapi tentang niat umrah itu sendiri
apakah kita kesana sekedar jalan2?
foto2?
belanja?
kuliner masakan arab?
cari cewe cantik?(karena disana cewenya cantik2 parah)
atau
ibadah buat cari ridha Allah?
luruskan niat
karena ini bukan rekreasi
tapi perjalanan rohani
mantapkan hati kita
kalau kita kesana itu
untuk memohon pintu taubat, meminta ampun
dari Rabb Sang Raja dari Segala Raja


end part 1

lanjutan part 2 (madinah)

No comments:

Post a Comment